Monday, March 21, 2011

Kendala yang Sering Timbul pada Penggunaan Stimulan Gas pada Tanaman Karet

Tujuan pemasangan stimulan gas adalah untuk mendapatkan produktivitas yang tinggi, namun jika aplikasinya tidak tepat seringkali justru berdampak negatif terhadap tanaman dan pendapatan. Beberapa contoh yang harus diperhatikan adalah:

1. Pohon yang potensial dengan lilit batang sedang dan panel yang masih cukup tersedia namun tidak dipasang aplikator. Sebaliknya, ada pohon yang panel atasnya sudah habis, aplikator “dipaksakan” dipasang di percabangan. Untuk itu, telah disarankan agar diprioritaskan tanaman yang lebih potensial sebelum menggunakan irisan di percabangan.

2. Kehilangan produksi akibat lateks tidak tertampung sempurna atau faktor keamanan. Ukuran mangkuk yang terlalu kecil dan letak mangkuk yang tidak pas diduga menyebabkan lateks tidak tertampung. Pengamatan satu per satu pada saat penyadapan perlu dilakukan untuk memastikan tidak ada lateks yang tertumpah disertai peningkatan keamanan di sekitar kebun.

3. Penyadap masih menggunakan pisau tarik untuk panel atas. Penggunaan pisau tarik menyebabkan penyadapan tidak ada sodokan. Disarankan agar penyadapan panel atas meggunakan pisau pacekung agar selalau mendapat sodokan sehingga produksi lebih optimal.

4. Pemasangan aplikator yang terlalu dalam dan pengisian gas yang kurang optimal serta pemasangan terlalu jauh. Untuk itu, pengawalan pada saat pemasangan/pemindahan aplikator harus selalu dilakukan. 

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hubungi kami

Silahkan hubungi kami melalui e-mail: perkebunanku@gmail.com
 

Galeri Foto

foto perkebunan, koleksi foto

Sahabat Blogger

Pesan Pembaca