Monday, April 2, 2012

Metrolak: Alat Ukur Kadar Karet Kering (KKK atau DRC)


Kadar karet kering (KKK) atau sering disebut Dry Rubber Content (DRC) dapat diukur dengan alat metrolak. Metrolak adalah tabung yang terbuat dari kaca, di bagian bawah metrolak terdapat semacam gel yang berfungsi sebagai sensor. Pada bagian tangkai terdapat skala yang selanjutnya akan dikonversi menjadi KKK atau DRC sampel yang diukur. Alat ini hanya dapat mengukur DRC lateks (getah karet yang masih cair).

Sebelum metrolak dapat digunakan, metrolak harus dikalibrasi yang bertujuan untuk mendapatkan tabel konversi dari skala yang terbaca di metrolak menjadi KKK atau DRCnya. Kalibrasi metrolak terdiri dari kalibrasi yang menggunakan lateks (getah) murni (tanpa campuran apapun) dan kalibrasi menggunakan lateks yang telah diberi amonia. Jika sudah dikalibrasi dengan dua metode tersebut, maka metrolak dapat digunakan untuk mengukur lateks murni dan lateks yang sudah diberi amonia. Umumnya pemberian amonia bertujuan untuk mencegah prakoagulasi yang biasa dipakai pada lateks yang akan diolah menjadi lateks pekat.

Teknis pengukuran kadar karet kering (KKK atau DRC) diawali dengan penyiapan sampel yang akan diukur DRCnya. Ambil sampel lateks yang akan diukur dengan menggunakan wadah kecil (mangkuk, kaleng atau wadah yang dibuat khusus). Sampel lateks yang diambil + 500 ml tuangkan ke dalam wadah yang lebih besar (ember sedang atau kaleng yang sudah disiapkan). Selanjutnya tambahkan air bersih dengan volume dua kali lipat dari sampel yang sebelumnya diambil. Jika sampel sebelumnya + 500 ml, maka air yang ditambahkan + 100 ml. Aduk sampai merata  dan tuangkan dalam tabung berdiameter minimal 10 cm dan tinggi  minimal 20 cm. Tabung ini dapat dibuat dari bahan aliminium atau menggunakan tempat air minum dari plastik yang banyak dijual.

Usahakan pada saat menuang tabung diletakkan di dalam ember atau wadah sehingga jika ada lateks yang meluap tidak terbuang. Pada saat menuang biasanya akan terbentuk busa di permukaan, tuangkan sampai penuh atau meluap, jika ada busa di permuakan tiup dengan perlahan sampai busa keluar. Selanjutkan masukkan metrolak dengan perlahan, lepaskan metrolak dan biarkan mengapung. Perlu diperhatikan bahwa metrolak harus mengapung bebas, jika bersentuhan dengan dinding tabung maka metrolak harus digeser ke tengah tabung sampai metrolak benar-benar mengapung bebas. Perhatikan dengan seksama tinggi permukaan lateks yang terbaca di skala metrolak. Catat dengan jelas dan konversi menggunakan tabel hasil kalibrasi untuk menentukan KKK atau DRC sampel tersebut.

Metode ini sering digunakan di perkebunan karet terutama memantau DRC lateks masing-masing penyadap untuk menghindari kecurangan di lapangan. Umumnya pada setiap tempat penampungan hasil (TPH) atau stasiun lateks (STL) terdapat satu metrolak yang menjadi tanggung jawab petugas pencatat hasil. 

14 komentar:

Unknown on June 22, 2012 at 6:58 PM said...

Metrolak bisa dibeli dimana?

Unknown on June 22, 2012 at 6:58 PM said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Domisili di mana pak? bisa kami bantu nanti..
silahkan e-mail ke : perkebunanku@gmail.com

Unknown on July 1, 2012 at 1:15 PM said...

di medan pak

Unknown on July 1, 2012 at 1:15 PM said...
This comment has been removed by the author.
Glory on March 10, 2015 at 4:37 PM said...

apakah saya bisa beli alat tersebut?bagaimana caranya?

Unknown on October 22, 2017 at 8:42 AM said...

Sy mau cari alat pengukur kadar air utk getah cair,dimana ya bs sy dptkan dan brp harganya,klau ada boleh hub, ke wa sy 0852.6175.7799 atau email wk_77@ymail.com

Petani karet on June 28, 2018 at 10:48 AM said...

Berapa harga alat pengukur kkk latek cair saya mau beli

Unknown on November 7, 2018 at 3:03 PM said...

boleh saya tahu cara menggunakan metrolek secara teperinci

Unknown on January 16, 2019 at 9:36 PM said...

Mohon petunjuk di medan dimana y yang ada jual metrolak

springbed malang on April 11, 2019 at 11:54 AM said...

Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, jika anda mencari Springbed / Kasur merk american yang nyaman dari lateks alami di Malang silahkan cek di sini:
Springbed American
Springbed American vs Central
Springbed American Imperial
Springbed American King
Springbed American Pillo
Springbed American Pillow
Springbed American vs Bigland
WA : 081249676477
Springbed Malang
Ruko Karangploso Kavling 3 C, Malang
springbedmalang.com

Dadan on October 31, 2019 at 12:36 PM said...

Mohon petunjuk berapa harganya dan belinya di mana pak

Labtronix on October 31, 2020 at 10:08 AM said...

Silahkan cek toko Labtronix di Tokopedia untuk Metrolak / Latexometer terlengkap dengan harga yang paling pas. Selain itu, juga tersedia berbagai alat lab dan bahan kimia terlengkap.

Anonymous said...

Ivy amonia terbuat dari bahan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hubungi kami

Silahkan hubungi kami melalui e-mail: perkebunanku@gmail.com
 

Galeri Foto

foto perkebunan, koleksi foto

Sahabat Blogger

Pesan Pembaca