Sunday, February 5, 2012

ENAKNYA KERJA DI PERKEBUNAN (Bagian II. Fasilitas)

Fasilitas dalam hal ini dijabarkan dalam beberapa hal (gaji, tunjangan, bonus, perumahan, kendaraan, dan lain-lain) bisa jadi adalah pertimbangan utama seseorang dalam memilih dunia kerja maupun perusahaan tempat ia akan bekerja. Semua perusahaan memberikan fasilitas kepada karyawannya, hanya saja bentuk dan besarnya berbeda-beda. Bagi Anda yang berpendapat bekerja di perkebunan kurang menarik, silahkan pertimbangkan kembali pendapat Anda. Fasilitas-fasilitas yang ada di bawah ini didapatkan oleh karyawan pimpinan (staf), sedangkan untuk karyawan pelaksana (lapangan) relatif sama seperti pekerja (karyawan biasa) di sektor lain.
1. Gaji (salary)
Gaji yang diterima karyawan perkebunan berbeda-beda menurut level jabatan dan kondisi masing-masing perusahaan. Karyawan pimpinan paling bawah (fresh graduate) biasanya digaji berkisar Rp. 2,5 – 3,5 juta. Pada masa percobaan gajinya sekitar Rp. 1,2 – 1,8 juta, setelah diterima sebagai karyawan tetap gajinya biasanya naik sekitar Rp. 2,5 – 3,5 juta rupiah. Tapi itu untuk perusahaan-perusahaan biasa, di perusahaan yang bonafit (keuangannya bagus) baru masuk aja sudah bergaji Rp. 3,0 – 5,0 juta. Gaji selalu naik dari tahun ketahun sesuai lamanya kita bekerja. Kalo sudah level Asisten kepala, gajinya lain lagi mungkin sekitar Rp. 5 – 10 juta atau bahkan lebih. Bayangkan kalo udah jadi ADM/Manager mungkin Rp. 15 – 50 juta tergantung perusahaannya (cck..cck..cck).
2. Tunjangan
Selain gaji, pasti ada tunjangan lainnya. Macam-macam tunjangan yang diperoleh tergantung perusahaannya. Biasanya tunjangan kesehatan, tunjangan pendidikan (kalo udah punya anak), dll. Kalau dihitung-hitung bisa sampai ½ gaji lho... Misalnya gaji perbulan Rp. 3 juta, ditambah tunjangan Rp. 1,5 juta, jadinya yang kita terima per bulan RP. 4,5 juta (lumayan bukan..?). Tapi tentu di setiap perusahaan nominalnya berbeda-beda.
3. Bonus Tahunan
Istilahnya bisa macam-macam ada yang bonus tahunan, bonus kinerja, insentif, tancim dan lain-lain. Kalo di PNS seperti gaji ke-13. Nominalnya berbeda di setiap perusahaan bisa 2 bulan gaji sampai 5 bulan gaji. Bahkan ada perusahaan yang memberikan bonus sampai 7 bulan gaji, bayangkan kalau gajinya Rp. 5 juta per bulan, berarti bonusnya Rp. 35 juta. Ada juga perusahaan swasta asing yang memberikan bonus tidak berdasarkan gaji tapi persentase keuntungan, hasilnya untuk karyawan pimpinan level bawah saja (asisten afdeling/divisi) bisa mendapat bonus sampai Rp. 50 juta. hmmm…
4. Perumahan
Semua karyawan perkebunan pasti mendapat fasilitas rumah. Anda mungkin pernah jalan-jalan ke perkebunan, lihat sendiri rumah untuk karyawan pimpinannya, biasanya rumahnya besar dan fasilitasnya lengkap. Tidak cuma itu, biasanya setiap rumah dilengkapi pembantu, tukang kebun dan penjaga keamanan, dan enaknya semuanya di tanggung perusahaan alias Anda tidak mengeluarkan uang sepeser pun.
5. Kendaraan
Kendaraan sebagai penunjang tugas sehari-hari merupakan fasilitas mutlak yang diberikan perusahaan. Jenisnya berbeda-beda setiap jenjang jabatan. Untuk asisten lapangan/afdeling/divisi biasanya diberikan sepeda motor (Misalnya: Yamaha YT, Honda MegaPro, Honda Win 100), sedangkan untuk Asisten kepala dan ADM/Manajer umumnya sudah pakai mobil (misalnya: Daihatsu Taft GT, Mitsubishi Strada, Ford Ranger). Untuk level di atasnya tentu mobilnya lebih mewah lagi (Misalnya: Toyota Fortuner, Toyota Harrier, Mitsubishi Pajero Sport). Untuk kegiatan sehari-hari Anda juga tidak dibebankan biaya, alias BBM plus supirnya ditanggung perusahaan.
6. Fasilitas Lainnya
Jenis ini relatif sama seperti sektor-sektor lainnya seperti tunjangan pensiun, chek up kesehatan berkala, rekreasi tahunan, dll. Rekreasi bisa sampe ke luar negeri segala lhoo...
Jika Anda sarjana (lulusan S-1) dan bergabung diperusahaan perkebunan, biasayanya langsung masuk level karyawan pimpinan, jadi fasilitas-fasilitas di atas kemungkinan besar Anda peroleh. Bandingkan jika Anda bekerja di perkotaan (perkantoran), gaji mungkin sama, tapi biasanya tidak ada fasilitas perumahan (jadi harus kost), tidak ada kendaraan (terpaksa naik angkot), sampai-sampai ½ gaji habis untuk biaya kost dan akomodasi. Belum lagi untuk membayar cicilan kartu kredit (banyak pekerja di perkotaan menggunakan kartu kredit untuk gaya-gayaan saja), dan karena di perkotaan keinginan belanja pasti tinggi sehingga bisa-bisa gaji sebulan habis sehari. Bagaimana mau nabung, bisa bertahan sebulan saja sudah bersyukur.
Kalau Anda di perkebunan, bisa dipastikan tabungan Anda pasti banyak (tergantung orangnya juga sich…), karena gaji hampir utuh, semua sudah ditanggung perusahaan, rumah, listrik, air, pembantu, satpam, kendaraan, BBM, sarana olah raga. Paling-paling gaji cuma buat beli rokok (kalau merokok), jalan-jalan ke kota seminggu sekali. Banyak karyawan perkebunan yang selama bekerja pun sudah punya rumah di kota, punya kebun ber hektar-hektar, punya usaha lainnya yang menjamin hari tuanya. Semuanya diperoleh karena kesempatan menabung bila bekerja di perkebunan lebih besar.
Info terkait:

5 komentar:

Karyawan Sejati on December 3, 2014 at 8:55 PM said...

Berapa gaji fresh graduate?

Seri Wahyuni on August 21, 2016 at 8:57 AM said...

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya YUNI SARA, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren sundoko.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai sundoko atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>SOLUSI MELUNASI HTANG KLIK DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin

Dewi Rumapea on October 24, 2016 at 12:38 AM said...

Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

Pesugihan Terimajadi on April 15, 2017 at 5:40 PM said...

http://rahasiabayarpinjamananda.blogspot.com

Queen Jamillah on August 31, 2017 at 6:01 AM said...

Saya sangat bersyukur kepada Nyonya Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan nilai kredit nol Semua menolak saya karena rasio kredit saya yang tinggi dan rendahnya kredit Sejarah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Ny Iskandar Lestari melalui konsultan kredit via email: iskandalestari.kreditpersatuan @ Gmail.com dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada AWAL 2017 dan semoga ini datang jauh-jauh. Usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang bisa Anda hubungi Ibu Iskandar.
Melalui email: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com atau melalui dia
BBM INVITE: {D8980E0B}

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

Hubungi kami

Silahkan hubungi kami melalui e-mail: perkebunanku@gmail.com
 

Galeri Foto

foto perkebunan, koleksi foto

Sahabat Blogger

Pesan Pembaca