Saturday, March 31, 2012

Teknik Pengukuran Kadar Karet Kering (KKK) atau Dry Rubber Content (DRC)

Getah karet baik dalam bentuk getah cair (lateks) atau gumpalan (lum atau slab) terdiri dari banyak partikel. Selain partikel karet, partikel yang terkandung di dalamnya antara lain: serum, air, unsur hara dan logam. Kadar karet kering (KKK) atau sering disebut Dry Rubber Content (DRC) mencerminkan persentase jumlah kandungan partikel karet. Kadar karet kering sangat penting diketahui, industri karet umumnya mengolah karet berdasarkan berat kering bahan olah karet (BOKAR). Bagi tengkulak/pembeli getah dari pekebun kadar karet kering penting untuk menghindari penipuan jika hanya berpatokan pada berat basah. Bagi perusahaan KKK atau DRC sangat penting untuk menghindari penyadap yang nakal dengan menambahkan air pada lateks kebun yang dikumpulkan. 

Di lapangan Prinsip pengukuran kadar karet kering (KKK) atau DRC seringkali hanya ditebak dengan cara meneteskan getah di telunjuk dan diusap dengan ibu jari. Hasilnya hanya perkiraan sebatas mengetahui keenceran getah. Semakin encer berarti DRCnya rendah, sebaliknya semakin kental berarti DRCnya semakin tinggi. Metode tersebut hanya bersifat kualitatif dan tidak dapat digunakan sebagai acuan. Untuk bahan olah karet berupa lum, metode ini tidak dapat dilakukan sehingga sering kali hanya ditebak secara visual.

Metode pengukuran yang paling baik dan dianjurkan adalah dengan pengukuran di laboratorium. Prinsip pengukuran kadar karet kering (KKK) atau DRC adalah membandingkan berat kering suatu sampel dengan berat basah pada sampel yang sama. Sampel yang akan diukur (lateks atau lum) pertama ditimbang berat basahnya, selanjutnya sampel dikeringkan dan ditimbang lagi untuk mendapatkan berat keringnya. Metode ini merupakan cara paling akurat untuk mengukur KKK atau DRC dan dapat digunakan untuk menentukan DRC lateks maupun lum. Namun demikian tidak semua orang dapat melakukannya karena terbentur dengan alat dan cara pengeringan sesuai prosedur laboratorium sehingga tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik. Selain itu, metode ini sulit dilakukan di lapangan (di kebun) yang hasilnya perlu segera diketahui. 

Untuk keperluan di lapangan sangat disarankan untuk menggunakan alat pengukur kadar karet kering (KKK atau DRC) yaitu metrolak. Alat ini berupa tabung yang memiliki skala, jika ingin mengukur KKK atau DRC kita tinggal mencelupkan metrolak ke dalam cairan lateks yang telah diencerkan sesuai prosedur. Selanjutnya kita tinggal membaca skalanya dan mengkonversi angka DRCnya. Untuk mendapatkan skala konversinya, metrolak harus dikalibrasi terlebih dahulu di laboratorium yang terpercaya. Metode ini sangat praktis dan dapat dilakukan siapa saja sehingga sangat tepat untuk digunakan di lapangan. Dengan mengetahui DRC karet di lapangan kita dapat mengantisipasi kecurangan yang dilakukan penyadap biasanya dengan menambahkan air ke dalam wadah penampung untuk mendapatkan berat atau volume lateksnya.

7 komentar:

Arbiel Ghumlas on March 7, 2014 at 9:32 PM said...

bagaimana cara mencairkan kembali karet yang sudah kering?

Arbiel Ghumlas on March 7, 2014 at 9:33 PM said...

bagaimana cara mencairkan kembali karet yang sudah kembali padat?

Arbiel Ghumlas on March 7, 2014 at 9:33 PM said...

bagaimana cara mencairkan kembali karet yang sudah kering?

Yuni Iskandar on February 25, 2015 at 7:07 PM said...

saya sedang mencari metrolak . mohon info
cp : yuni iskandar 082164862800

lamro tua on August 5, 2015 at 7:38 AM said...

Bagaimana cara mengkur KKK metrolak yang. Sudah di bekukan gan. ?

PAK BUDIMAN DI MALANG on January 13, 2017 at 8:21 PM said...

saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

fredi susanto on May 14, 2017 at 9:25 AM said...

Dipanaskan gan dipanci alumunium.terus klo sudah cair dituang kecetakan melelui saringan besi

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

Hubungi kami

Silahkan hubungi kami melalui e-mail: perkebunanku@gmail.com
 

Galeri Foto

foto perkebunan, koleksi foto

Sahabat Blogger

Pesan Pembaca