Sunday, January 22, 2012

JENJANG KARIR DI DUNIA PERKEBUNAN

Dunia perkebunan memiliki ciri khas tersendiri, bisa jadi karena perkebunan sudah ada sejak jaman Belanda dulu, maka jenjang karir pun banyak mengadopsi gaya Belanda. Bahkan sebutan untuk jabatan tertentu masih mempertahankan ciri perkebunan Belanda seperti Administerateur yang sebenarnya adalah kepala/manager kebun.
Seiring dengan perkembangan dunia perkebunan, jenjang karir banyak mengalami penyesuaian terutama pada level Direksi sedangkan untuk level karyawan pelaksana di lapangan masih umumnya masih mempertahankan peninggalan jaman Belanda walaupun istilah atau sebutannya diganti dengan yang lebih modern.
Jenjang karir di satu perusahaan perkebunan kemungkinan berbeda satu sama lain, hal tersebut tentu dipengaruhi oleh struktur perusahaan secara keseluruhan, namun secara umum jenjang karir di perkebunan seperti tersaji dalam gambar di bawah ini:
Untuk memperjelas tanggung jawab masing-masing jabatan mari kita lihat satu persatu, istilah mungkin berbeda di setiap perusahaan, kita mulai dari yang paling bawah:
1. Pelaksana di Lapangan
Adalah pelaksana kegiatan perkebunan sehari hari seperti panen, pemeliharaan, pengangkutan dan pekerjaan-pekerjaan fisik lainnya. Pelaksana di lapangan dapat berstatus karyawan tetap atau karyawan harian lepas. Karyawan harian lepas adalah level yang paling bawah, jika bekerja dengan baik biasanya akan direkrut menjadi karyawan tetap.
2. Mandor/Krani
Biasaya diangkat dari karyawan yang kinerjanya baik. Tugasnya mengawasi kerja beberapa orang karyawan lapangan dengan tugas tertentu, misalnya mandor panen, mandor sadap, mandor pemeliharaan dll. Untuk kegiatan di lapangan disebut mandor sedangkan untuk kegiatan kantor disebut krani tapi sebenarnya memiliki level yang sama.
3. Mandor Besar/Krani Kepala
Dapat dikatakan wakil Asisten/sinder. Tugasnya meliputi semua kegiatan di satu afdeling/divisi. Diangkat dari mandor yang memiliki kinerja baik dan berjiwa pemimpin. Untuk kegiatan di lapangan disebut mandor besar sedangkan untuk kegiatan kantor disebut krani kepala tapi sebenarnya memiliki level yang sama
4. Asisten/Sinder
Bisa diangkat dari Mandor Besar atau langsung sebagai karyawan pimpinan melalui proses rekrutmen karyawan pimpinan. Saat ini untuk langsung melamar sebagai Asisten umumnya diperlukan minimal lulusan sarjana. Tugasnya mengawasi dan mengkordinir kegiatan dalam satu afdeling.
Satu orang yang mengurusi kegiatan administrasi di kantor kebun biasanya disebut Kepala tata usaha (KTU) atau sinder kantor sebenarnya selevel dengan Asisten/sinder. Di Kantor Direksi biasanya selevel dengan Asisten/staf kepala urusan.
5. Asisten Kepala/Sinder Kepala
Satu level di bawah Administeratur, tugasnya mengawasi beberapa afdeling dan lebih ditekankan pada masalah di lapangan. Kebun yang memiliki banyak afdeling biasaya memiliki lebih dari satu Asisten Kepala untuk membantu Manager/Administerateur. Di Kantor Direksi biasanya selevel dengan kepala urusan.
6. ADM (Administerateur)/Manager
Orang yang mengepalai kebun, semua kegiatan kebun terpusat pada ADM/Manager yang berhubungan langsung dengan kantor direksi.
7. Kepala Bagian
Ruang lingkupnya lebih luas mencakup satu perusahaan sesuai tugasnya, misalnya Kabag. Tanaman, Kabag. Keuangan, Kabag. Pemasaran, dll.
8. Direksi
Biasaya terdiri dari satu Direktur Utama dan beberapa Direktur yang memiliki tugas khusus, seperti: Direktur Produksi, Direktur Keuangan, Direktur Pemasaran, dll.
Di setiap perusahaan kemungkinan akan berbeda, dan jenjang karir di atas adalah jenjang karir yang lebih berkaitan dengan produksi dalam hal ini budidaya tanaman karena inti dari perusahaan perkebunan adalah budidaya, pengolahan dan pemasaran. Semoga bisa bermanfaat.





*****
Pengunjung yang terhormat,
Kritik dan saran dari Anda sangat kami harapkan untuk perbaikan blog ini sehingga dapat membawa manfaat bagi yang tertarik dengan dunia perkebunan. Kami mohon kesediaan Anda memberikan komentar di kolom yang tersedia.
Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Anda ke blog ini.

2 komentar:

Peneliti on April 19, 2012 at 3:00 PM said...

Kami tawarkan budidaya pohon gaharu…Beli bibit gaharu…jika satu pohon setelah 7 – 8 tahun dapatkan puluhan juta rupiah per kilogram dg kualitas istimewa.. Dapatkan bibit gaharu 1 paket isi 110 pohon, tinggi 17-20 cm , harga per paket 400.000 rupiah sudah termasuk ongkos kirim. Apakah ini mahal?? Sangat murah jika dibandingkan dengan harga gubal gaharu yang saat ini sangat spektakuler. Kami bukan sekedar jualan bibit tapi menjalin kerjasama dengan calon petani gaharu yang membeli bibit ke kami dengan cara memberikan subsidi inokulan 75%…dan hasil gubalnya di jamin di beli oleh perusahaan kami. Rasanya belum lengkap kebun atau lahan anda jika belum ada pohon gaharu bertengger didalamnya. Tunggu apalagi segera investasikan uang anda untuk masa depan yang lebih baik.Siap kirim ke seluruh pelosok nusantara. Hubungi Suwarto Banjarnegara Jawa Tengah 085227348404

PAK BUDIMAN DI MALANG on January 13, 2017 at 8:22 PM said...

saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

Hubungi kami

Silahkan hubungi kami melalui e-mail: perkebunanku@gmail.com
 

Galeri Foto

foto perkebunan, koleksi foto

Sahabat Blogger

Pesan Pembaca