Saturday, April 17, 2010

ALEXA RANK - Susahnya Meningkatkan “ALEXA RANK” untuk Blog Ini


Memang tujuan membuat blog ini bukan untuk mengejar Alexa rank, tujuannya adalah berbagi informasi seputar dunia perkebunan bagi siapa saja yang tertarik. Tapi setelah membaca beberapa artikel dari blogger-blogger lain yang lebih senior, saya rasa perlu juga untuk mendaftarkan blog ini ke Alexa, itung-itung untuk mengetahui posisi kita di dunia maya dan memacu kita untuk lebih aktif menyebarkan informasi tentang perkebunan. Katanya semakin kecil Alexa rank kita berarti posisi blog di percaturan dunia maya makin bagus, dengan kata lain..blog ini makin ngetop. Memang banyak penyedia parameter seperti Alexa, jadi ga harus tergantung dengan Alexa rank…

Pertama kali saya mendaftarkan “diri” (baca: blog ini) masih tertulis dengan jelas “No Data” sampai beberapa hari…Haah..yang bener aja…saya mulai patah semangat, jangan-jangan blog ini tidak terdeteksi…tapi setelah saya “blogwalking” ke beberapa blog lain..ternyata fenomena itu adalah sesuatu yang wajar..saya pun sedikit lega…

Setelah beberapa hari…ternyata Alexa rank di blog ini muncul…angkanya 21,978,538…masyaAllah…ciut juga nyali liat angka waktu itu…..saya cari informasi lagi mengenai Alexa rank..ternyata angka itu biasa untuk blog pemula yang belum banyak diketahui orang….trus bagaiman meningkatkan Alexa rank di blog kita. Hasil menimba ilmu dari beberapa blog, salah satunya adalah rfiant.blogspot.com, menurut beliau cara efektif untuk meningkatkan Alexa rank adalah:
1. Blogwalking
cara mudah meningkatkan rank alexa, karena dengan blogwalking dan meninggalkan komentar sepatah dua patah kata di blog lain, maka itu secara tidak langsung akan menjadi undangan si empunya blog untuk berkunjung balik ke blog kita.

2. Pasang alexa widget
langkah kedua menaikkan alexa rank dengan memasang widget alexa dengan begitu pihak alexa.com juga akan memantau blog anda lebih sering dibandingkan blog yang tidak memasang alexa widget, intinya semacam timbal balik gitu lah.

3. Belajar SEO
jurus ketiga untuk alexa rank yaitu sedikit belajar seo atau lebih dikenal SEO untuk pemula, atau lebih simple pilih themes blog yang SEO, daftarkan blog di googlewebmaster, yahoo, dan bing.

4. Blog Update
selalu update blog anda sesering mungkin ya minimal seminggu 1 kali update, karena googlebot dan kawan-kawan lebih suka blog yang update dari pada blog yang gak keurus, serta gunakan judul posting yang lagi hot, atau keywordna banyak dicari, ini juga berhubungan dengan jurus SEO.

5. Memasang Alexa Toolbar
apapun browsernya tetap pasang alexa toolbar tanya kenapa ?? intinya hampir sama dengan jurus ampuh ke 2 menaikkan rank alexa.

6. Membuat artikel tentang alexa
tulis beberapa artikel mengenai alexa.com itu juga digunakan untuk merajuk di alexa jatuh hati pada blog anda, dan sebisa mungkin pasang tag atau categori alexa di blog anda.

Setelah tips tersebut saya ikuti (walaupun belum semuanya bisa saya terapkan), ternyata ada perbaikan menjadi 11,123,059…ha..ha..ha..saya senang bukan main, maklum pemula…bukan angkanya yang membuat senang, tapi usaha yang memberikan hasil (walaupun sedikit) sangat menggembirakan bagi saya.

Pengalaman saya, tips nomor 4 sangat berpengaruh…buktinya akhir-akhir ini saya keluar kota karena ditugaskan oleh kantor (maklum bawahan, harus siap tempur). Walhasil, saya tidak bisa update beberapa hari…pengaruhnya Alexa rank anjlok jadi 14,116,422…nasib..nasib…bisa-bisa balik lagi ke 21 jutaan.

Setelah saya identifikasi, ternyata ada beberapa kesulitan dalam upaya peningkatan ALEXA rank khususnya untuk blog ini, pertama karena masih sedikit orang yang tertarik dengan dunia perkebunan sehingga yang mencari informasi seputar dunia perkebunan juga terbatas. Kedua, karena saya pribadi masih sulit mengupdate blog ini secara teratur…mudah2an ke depannya tips2 yang ada di atas bisa saya terapkan…








*****
Pengunjung yang terhormat,
Kritik dan saran dari Anda sangat kami harapkan untuk perbaikan blog ini sehingga dapat membawa manfaat bagi yang tertarik dengan dunia perkebunan. Kami mohon kesediaan Anda memberikan komentar di kolom yang tersedia.
Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Anda ke blog ini.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hubungi kami

Silahkan hubungi kami melalui e-mail: perkebunanku@gmail.com
 

Galeri Foto

foto perkebunan, koleksi foto

Sahabat Blogger

Pesan Pembaca