Thursday, April 5, 2012

Keuntungan Bertanam Kakao Di Pekarangan

Pekarangan adalah areal tanah yang ada di sekitar rumah tempat kita tinggal. Pekarangan umumnya ditanami dengan bunga atau tanaman hias untuk memperindah atau membuat rumah lebih asri. Pilihan lainnya adalah tanaman buah-buahan, sayur-mayur atau tanaman kebutuhan sehari-hari seperti kelapa. Namun jika pekarangan yang tersedia cukup luas, tanaman perkebunan dapat menjadi pilihan sebagai tanaman peneduh dan juga menambah pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari. Tentunya kondisi ini hanya berlaku di pekarangan di desa-desa yang umumnya masih luas sedangkan di perkotaan atau di desa dengan pemukiman padat akan sulit sekali menemukan pekarangan yang cukup luas.

Jika kita memilih tanaman sayur mayur maka membutuhkan perawatan dan perhatian yang intensif, jika hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga umumnya tidak begitu besar, jika ingin dipasarkan juga jumlah tidak cukup signifikan untuk luasan pekarangan walaupun tetap dapat menjadi sumber pendapatan tambahan keluarga. Pada pelaksanaannya akan banyak waktu yang tersita selain kita harus bekerja sesuai profesi masing-masing. Tanaman kelapa umumnya secara alami sudah ditanam, namun biasanya 2 - 3 pohon sudah mencukupi kebutuhan keluarga, demikian halnya jika kita menanam tanaman buah-buahan. 

Jika masih ada areal terbuka yang cukup luas, maka menanam tanaman perkebunan dapat menjadi pilihan untuk menambah pendapatan keluarga. Banyak komoditi perkebunan yang dapat ditanam di pekarangan, salah satunya adalah kakao (cokelat). Pilihan menanam kakao cukup realistis karena jarak tanam yang dibutuhkan untuk tanaman kakao relatif lebih sempit (5m x 5m) dibanding tanaman lainnya seperti kelapa sawit atau karet sehingga dengan luasan yang terbatas kita masih bisa menanam jumlah pohon yang lumayan banyak. Keunggulan tanaman  kakao tahan naungan (lebih baik jika ada tanaman naungannya) sehingga tanaman ini sangat tepat ditanam di bawah tanaman kelapa, berarti kita tetap mendapatkan hasil kelapa.

Keuntungan lainnya adalah tanaman kakao sebagaimana tanaman perkebunan lainnya tidak membutuhkan perawatan yang intensif seperti halnya sayur-mayur atau tanaman hias. Pemeliharaan yang diperlukan hanya pengendalian gulma (yang dapat dilakukan di waktu senggang di akhir pekan), pemupukan dapat mengandalkan pupuk organik dari kotoran ternak atau sampah organik. Kalaupun perlu penanganan yang instensif kemungkinan hanya pengendalian hama penyakit yang dapat dilakukan secara kimiawi.

Kemudahan lainnya adalah dalam pemanenan dan penanganan pasca panen. Pemanenan kakao dapat dilakukan dengan santai dan kapan saja bahkan dapat dilakukan sembari bersosialisasi dengan para tetangga tidak seperti kelapa sawit atau karet yang membutuhkan keterampilan khusus dan waktunya harus tepat karena jika lewat waktunya hasil yang diperoleh akan kurang optimal. Penanganan pasca panen kakao juga relatif mudah, cukup memecah kulit buahnya dan mengambil bijinya selanjutnya tinggal pengeringan gratis dengan cahaya matahari. Pengalaman saya, untuk mempercepat pengeringan nantinya, biji yang sudah dikumpulkan dapat dimasukkan karung kemudian digantung selama 1 - 2 haru agar cairan gula di selaput biji menetes. Dengan perlakuan tersebut pengeringan biji kakao akan lebih cepat.

Saat yang dinanti adalah ketika saatnya penjualan. Pemasaran biji kakao sangat mudah, banyak tengkulak yang berkeliling atau kita dapat membawanya ke penampung. Kelebihan kakao adalah kita dapat menjualnya bahkan jika kita hanya punya 1 kg kering berbeda dengan sawit atau karet yang biasanya dijual dalam jumlah puluhan atau ratusan kilogram. Jika tidak ada waktu untuk penanganan pasca panennya kakao juga dapat dijual dalam bentuk basah walaupun dengan harga yang lebih murah. Dengan kebutuhan hidup dan harga bahan-bahan pokok yang semakin melonjak, maka kita dituntut untuk lebih pintar mendapatkan tambahan pendapatan salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan kita salah satunya dengan membudidayakan tanaman kakao.

3 komentar:

Peneliti on April 19, 2012 at 2:47 PM said...

Kami tawarkan budidaya pohon gaharu…Beli bibit gaharu…jika satu pohon setelah 7 – 8 tahun dapatkan puluhan juta rupiah per kilogram dg kualitas istimewa.. Dapatkan bibit gaharu 1 paket isi 110 pohon, tinggi 17-20 cm , harga per paket 400.000 rupiah sudah termasuk ongkos kirim. Apakah ini mahal?? Sangat murah jika dibandingkan dengan harga gubal gaharu yang saat ini sangat spektakuler. Kami bukan sekedar jualan bibit tapi menjalin kerjasama dengan calon petani gaharu yang membeli bibit ke kami dengan cara memberikan subsidi inokulan 75%…dan hasil gubalnya di jamin di beli oleh perusahaan kami. Rasanya belum lengkap kebun atau lahan anda jika belum ada pohon gaharu bertengger didalamnya. Tunggu apalagi segera investasikan uang anda untuk masa depan yang lebih baik.Siap kirim ke seluruh pelosok nusantara. Hubungi Suwarto Banjarnegara Jawa Tengah 085227348404

adminblog on April 28, 2012 at 1:21 PM said...

terima kasih atas komentar dan informasi mengenai tanaman gaharu di blog kami: http://www.perkebunanku.com. Kami mengapresiasi positif usaha Bapak menawarkan produk Bapak melalui blog kami. Sebagai upaya membantu Bapak menyebarluaskan informasi tersebut, kami akan posting sebuah artikel mengenai tanaman gaharu, mudah-mudahan bermanfaat. Sebagai langkah awal, kami akan follow blog Bapak dan kami kami mengharapkan Bapak juga memfollow blog kami untuk selanjutnya dapat bertukar informasi. Sukses selalu ... (admin blog perkebunanku.com)

dedi sumandi on December 9, 2016 at 12:54 PM said...

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

Hubungi kami

Silahkan hubungi kami melalui e-mail: perkebunanku@gmail.com
 

Galeri Foto

foto perkebunan, koleksi foto

Sahabat Blogger

Pesan Pembaca