Saturday, October 15, 2011

Beberapa Jenis Bibit Unggul Kelapa Sawit

Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan banyak menghasilkan varietas unggul kelapa sawit. Salah satunya Varietas DxP PPKS 718. Salah satu daya tarik dari jenis ini adalah memiliki ukuran buah yang besar dan berat, sehingga akan sangat menguntungkan petani. Buah dari varietas ini memiliki berat rata-rata 48,1 kg, dengan panjang rata-rata 56,1 cm. Sedangkan lebarnya 35,2 cm. Varietas ini sendiri termasuk dalam siklus kedua artinya jenis-jenis sawit yang telah mendapatkan perbaikan karakter dari varietas lama seperti Marihat, Bah Jambi dsb.

Varietas ini bisa dipesan di Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan, dan juga dari pewaralaba PPKS seperti Balai Penelitian Karet Sembawa di Sumatera Selatan dan PT. Astra Agrolestari di Kalimantan Tengah. Selain varietas DxP PPKS 718, PPKS memiliki lebih dari 20 varietas unggul lainnya yang siap dipasarkan.


Varietas Topaz merupakan varietas sawit unggul milik PT. Asian Agri, salah satu sumber benih kelapa sawit yang ada di Propinsi Riau. Keunggulan varietas ini adalah buahnya besar dan produktivitasnya tinggi. Varietas topaz terdiri atas lima jenis yakni topaz 1 s.d 5, dimana karakteristik dari kelima varietas tersebut tidak jauh beda. Dan telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai benih bina melalui Kepmen Pertanian No. 57, 58, 59, 60 KPTS/SR.120/1/2004 tertanggal 16 Januari 2004. Sehingga varietas ini tidak saja layak untuk digunakan namun juga legal.

Pada tahun 2011 PT. Bakrie Plantation akan memproduksi varietas kelapa sawit jenis Compact yang memiliki karakteristik pertumbuhan lambat, dan tajuk pendek sehingga populasi per ha lebih banyak dari varietas yang ada di Indonesia. Serta memiliki produksi CPO yang tinggi. Benih idari varietas ini rencananya digunakan untuk kebutuhan sendiri dan kebun plasma. Sehingga diharapkan dapat memacu produksi kelapa sawit di kebun milik PT. Bakrie Plantation atau petani binaan.

PT. Bakrie Plantation, perusahaan kelapa sawit yang berlokasi di Medan, tengah mempersiapkan diri menjadi sumber benih kelapasa sawit dengan bekerja sama dengan produsen benih ASD asal Costarica. Sehingga diharapkan varietas asal Negara Amerika Selatan Tersebut bisa tersedia di Indonesia.

3 komentar:

tanjung on May 6, 2012 at 4:07 PM said...

beli bibit yang aslinya gimana dan dimana

Anonymous said...

Coba search ke PPKS Medan
website : http://www.iopri.org/

Unknown on February 6, 2020 at 10:49 AM said...

Pak mau tanya
Bibit mana yang paling baik.
-PPKS
-Bakrie
-Socfin
-Samporna ?

Mohon bantuannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Hubungi kami

Silahkan hubungi kami melalui e-mail: perkebunanku@gmail.com
 

Galeri Foto

foto perkebunan, koleksi foto

Sahabat Blogger

Pesan Pembaca